Pentingnya Budaya Keselamatan Rumah Sakit

17 Mei

Pentingnya Budaya Keselamatan Rumah Sakit

Pentingnya Budaya Keselamatan Rumah Sakit

Oleh : RS Tiara Sella

 

Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka penting rasanya untuk setiap rumah sakit melaksanakan budaya keselamatan pasien. Hal ini tentu menjadi dasar bagi setiap rumah sakait sebelum memberikan pelaksanaan keselamatan kepada pasiennya. Dengan adanya budaya keselamatan pasien, maka seharusnya rumah sakit akan senantiasa melaksanakan perannya sebagai tujuan utama masyarakat dalam masalah kesehatan tanpa rasa khawatir. Manajemen mutu WHO (2004) menyatakan bahwa keselamatan pasien merupakan isu global dan nasional bagi rumah sakit, komponen penting dari mutu layanan kesehatan, prinsip dasar dari pelayanan pasien dan komponen kritis.

Dewasa ini keselamatan pasien menjadi hal yang  diperhatikan oleh beberapa instusi kesehatan, antara lain adalah KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit) dan Gerakan Nasional Keselamatan Pasien (GNPS). Menjadi penting karena tingginya angka Kejadian Tak Diinginkan  (KTD) secara global maupun nasional. KTD yang terjadi di berbagai negara diperkirakan sekitar 4.016.6 % (Vincent, 2005 dalam Raleigh, 2009), dan  hampir 50 % di antaranya diperkirakan adalah kejadian yang dapat dicegah (Smits et al., 2008).

Tentu menjadi suatu hal yang sangat merugikan berbagai pihak jika KTD ini tidak di pehatikan dengan baik, pasien akan merasa bahwa terdaji malpraktek terhadap diri atau keluarganya, rumah sakti akan mengeluarkan biaya yang besar untuk mengganti kerugian pasien, dan yang lebih parahnya lagi akan muncul rasa ketidak percayaan pasien. Menurut penelitian oleh Zohar (tahun 1980) setidaknya terdapat  8 dimensi yang perlu di perhatikan dalam Keselamatan pasien, di antaranya adalah sikap manajemen terhadap keselamatan, dampak praktek-praktek keselamatan kerja terhadap promosi, dan seterusnya.

Berkaca dari hal itu, maka budaya keselamatan pasien seharusnya menjadi pedoman yang menjadi SOP (Standar Operasional Pekerja) oleh seluruh rumah sakit yang aktif memberikan pelayanan kesehatan, sehingga kedepannya dengan itu semua maka rumah sakit akan sangat memperhatikan keselamatan pasien secara baik, serta akan tercipta lingkungan yang baik antara pasien dan rumah sakit, rumah sakit dan institusi kesehatan nasional, serta meningkatnya kepercayaan pasien terhadap rumah sakit.

RS Tiara Sella